Hal-Hal yang Dapat Merusak Scaffolding

Diperbarui: 13 Okt 2020


Pada umumnya, scaffolding yang dipakai di proyek-proyek itu adalah scaffolding yang sesuai standard. Walaupun begitu, scaffolding bukan serta merta langsung "tahan banting" dan bisa dipakai semena-mena. Berikut adalah beberapa hal yang dapat merusak scaffolding:

1. Kesalahan instalasi

Walaupun scaffolding didesain khusus untuk pekerjaan berat, ketika suatu sistem scaffolding yang diinstal tidak sesuai standard maka beban yang akan diterima oleh pipa-pipanya akan menjadi tidak seimbang / berat sebelah. Hal ini dapat mengakibatkan rusaknya scaffolding dab membahayakan pekerja. Penting untuk kita menginstal scaffolding sesuai standard dan perhitungan awal agar scaffoldingnya terjaga dan pekerja konstruksi pun aman.

2. Beban yang terlalu berat

Sistem scaffolding itu dipabrikasi sesuai standard untuk menahan beban yang sudah diatur. Ketika beban yang ditanggung itu melebihi kapasitas scaffolding maka tidak heran scaffolding tersebut akan bengkok atau rusak. Perlu untuk kita hitung berapa beban yang akan ditanggung scaffolding tersebut sebelum menginstalasi agar tidak terjadi masalah di kemudian hari. Beban dapat terdiri dari beberapa macam: ada beban mati, ada beban hidup (bergerak), ada juga beban scaffoldingnya sendiri, dll.

3. Protokol kerja yang tidak tepat

Ketika ada seorang pekerja konstruksi yang melanggar protokol kerja yang sudah ditetapkan maka keselamatan semua pekerja dan proyek pun terancam. Terlebih jika protokol kerja dari awal sudah tidak benar, itu bisa berdampak buruk pada proyek tersebut. Maka sangat diperlukan kendali / kontrol ke semua pekerja agar semua berjalan dengan lancar.

4. Faktor alam

Memang faktor alam seringkali tidak bisa kita hindari. Tetapi kita perlu mengetahui apakah lokasi proyek itu suhunya sangat panas / dingin, apakah lingkungan sekitar banyak mengandung zat kimia / korosif, apakah scaffolding akan dipakai offshore / tidak. Semua hal tersebut harus masuk ke dalam pertimbangan ketika kita ingin menginstal scaffolding.

Ketika kontraktor atau customer berkonsultasi pada Indoraya Scaffolding, sangat penting untuk menginformasikan hal-hal ini di awal. Agar kami dapat memberikan solusi yang tepat dan aman bagi proyek Anda.

45 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua