Pengertian Scaffolding


Sudah dari dulu, orang-orang menggunakan bentuk kayu untuk menyambungkan satu bangunan dengan bangunan lainnya, atau sekedar pembatas sebagai tempat orang bergerak.


Terlebih, jika bangunan yang ingin disambungkan adalah bangunan yang panjang maka diperlukan lebih banyak kayu atau lebih dari satu jenis kayu untuk membuat penyambung yang kuat. Namun, seiring berjalannya waktu dan beberapa dampak negatif muncul diantaranya, peredaran listrik yang tidak teratur dan seterusnya.


Ada salah satu perancah pipa yaitu perancah scaffolding atau disebut juga perancah steger dengan gaya menopang dan juga mendukung tubuh manusia. Perancah ini sudah lama digunakan untuk memberikan penyambungan, pemasangan, pengawasan, dan sebagainya. Perancah ini juga digunakan untuk melengkapi bangunan seperti rumah atau bangunan sekolahan.


Scaffolding adalah struktur sementara yang digunakan untuk menopang pekerja dan material dalam konstruksi, pemeliharaan, dan perbaikan sebuah gedung. Scaffolding, disebut juga steger, adalah sebutan untuk rangkaian struktur sementara yang digunakan sebagai bentuk teknik konstruksi, mirip dengan dinding atau atap, di mana suatu tim kerja atau material ditopang oleh struktur, didukung oleh struktur buatan manusia.

Scaffolding juga digunakan dalam bentuk yang disesuaikan, seperti pembangunan menara observasi di World Trade Center di New York City. Bentuk scaffolding yang paling populer dalam konstruksi modern adalah sistem modular prefabrikasi dengan komponen scaffolding, dan scaffolding juga digunakan sebagai bentuk yang dapat disesuaikan dalam proyek konstruksi, misalnya sebagai bagian dari gedung bertingkat.

Tumpukan scaffolding dapat dibuat dengan menempatkan blok scaffolding di kedua sisi depan atau di bawah blok scaffolding lainnya.


Untuk memastikan keamanan perancah, pabrikan harus melakukan uji tegangan yang sesuai pada papan sebelum membeli dan memasangnya. Terakhir, harap pastikan bahwa papan perancah Anda tidak menonjol keluar dari struktur utama dan perawatan yang tepat dilakukan sebelum menggunakan perancah Anda.

Perancah tidak hanya membawa beban pekerja, tetapi juga berfungsi sebagai platform untuk pemasangan peralatan dan puing-puing, dan mendukung pekerja dan peralatan mereka di tempat kerja. Perancah juga harus memungkinkan staf menjangkau area struktur yang jika tidak akan sulit dijangkau.

79 tampilan0 komentar