5 Tips agar Aman Bekerja dengan Scaffolding

Diperbarui: 13 Okt 2020


Scaffolding adalah kebutuhan mendasar untuk di pabrik atau kilang minyak, di mana pekerjaan konstruksi atau pemeliharaan diperlukan dari waktu ke waktu. Saat memilih scaffolding, apa yang harus menjadi pertimbangan utama Anda?

Sebagian besar dari kita akan menjawab keamanan (safety). Keamanan tidak boleh dikompromikan, dan banyak pekerja bekerja di tempat yang tinggi saat menggunakan scaffolding. Scaffolding digunakan secara ekstensif saat membersihkan dan memperbaiki bangunan.

Di Indonesia, perusahaan haruslah sangat berhati-hati dan memiliki pertimbangan yang tepat saat memilih scaffolding.

Berikut adalah beberapa tips yang efektif:

1. Keamanan (safety) adalah pertimbangan yang sangat penting untuk pemilihan scaffolding

Walaupun pastinya kecepatan proses dan pengiriman merupakan pertimbangan penting dalam bisnis konstruksi untuk menyelesaikan proyek tepat waktu. Efisiensi harus tidak mengganggu faktor keamanan.

2. Jagalah tempat kerja agar tetap teratur dan rapi

Hindari slip dan kecelakaan dengan menjaga site kerja tetap teratur dan rapi. Jika alat disusun, maka akan mengurangi risiko alat terjatuh dari scaffolding. Ini akan membuat gerakan dan bekerja pada scaffolding lebih aman bagi pekerja.

3. Selalu identifikasi bahaya sebelum memulai

Ini harus dilakukan sebelum mengerjakan proyek dan saat melakukan tugas. Pastikan bahwa risiko yang mungkin terjadi sudah teridentifikasi dan pencegahan yang tepat sudah dilakukan agar tidak terjadi kecelakaan. Pastikan sirkuit listrik jauh dari scaffolding untuk menghindari sengatan listrik.

4. Pelatihan yang tepat

Sebagian besar kecelakaan kerja dapat dihindari dengan pelatihan yang tepat. Selalu pastikan bahwa para pekerja dilatih dan ahli dalam bidangnya sebelum mereka mulai bekerja. Hal ini sangat penting karena personil yang terlatih dan terdidik akan mengetahui risiko dan bahaya yang dapat terjadi dan akan selalu melakukan tindakan pencegahan yang tepat.

5. Tinjau dan perhatikan lokasi kerja

Sangat penting untuk meninjau lokasi kerja sepanjang proyek konstruksi dan memeriksa bahaya yang mungkin timbul selama proses konstruksi. Ini akan melindungi kita terhadap bahaya dan ancaman potensial di masa depan. Selalu ambil kendali dan terus cermati proses konstruksi dan pekerjaan yang sedang dilakukan.

Selain poin-poin ini, pastikan sebelum pekerjaan dimulai, cek dengan profesional terlatih khusus scaffolding. Juga, pastikan bahwa scaffolding dipasang dengan benar dan mencakup semua tindakan pencegahan keselamatan, dan sistem pagar tepat untuk melindungi pekerja sebaik-baiknya.

185 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua