5 Hal yang Harus Dilakukan dan Dihindari untuk Keselamatan Pekerjaan Scaffolding

Diperbarui: 13 Okt 2020


Sebagian besar kecelakaan yang terjadi saat mengerjakan scaffolding bisa dihindari. Pelatihan yang tepat dan kesadaran konstan diperlukan untuk menjamin keamanan scaffolding. Saat bekerja dengan scaffolding, ada berbagai jenis risiko, yang perlu Anda hindari dan ini mencakup hal-hal berikut:

  • Jatuhnya puing dan peralatan

  • Runtuhnya scaffolding

  • Jatuh dari ketinggian

  • Overloading

  • Tegangan listrik tinggi dari saluran kabel listrik (overhead lines)

1. Inspeksi

Harus dilakukan:

Pastikan orang yang berkualifikasi profesional memeriksa pekerjaan dasar di mana scaffolding dipasang dan sesuai dengan struktur. Jika Anda ingin bekerja dengan lbeih seksama, pastikan untuk melakukan pemeriksaan tanah di sekitar struktur dan memastikan bahwa semua mur dan baut dikencangkan secara teratur.

Harus dihindari: Jangan pernah, membuat kesalahan dengan menganggap fondasi selalu aman sepanjang waktu. Kondisi scaffolding bisa memburuk akibat beban yang berat.

2. Overhead lines (saluran listrik)

Harus dilakukan:

Patuhi semua panduan keselamatan yang berkaitan dengan saluran listrik. Hanya dalam hitungan detik, dapat terjadi sengatan listrik, oleh karena itu, panduan keselamatan nasional yang berkaitan dengan saluran listrik harus diikuti dengan ketat. Pengawas perlu memastikan bahwa scaffolding tidak dipindahkan melewati jarak minimum dari jalur saluran listrik. Setiap saat, Anda perlu memastikan bahwa Anda memiliki anggota tim untuk memantau dan memastikan scaffolding tetap aman.

Harus dihindari:

Tanpa berkonsultasi dengan pihak yang berwenang, jangan pernah memindahkan struktur, dan jangan pernah mengabaikan protokol keselamatan untuk pekerjaan spesifik ini. Jika Anda merasa tidak nyaman dengan struktur scaffolding atau apapun yang berkaitan dengan keselamatan Anda, Anda harus berbicara dengan atasan Anda dan meningkatkan kekhawatiran Anda. Jangan memanjat scaffolding jika Anda menganggapnya berbahaya / berisiko.

3. Overloading (melebihi beban yang ditentukan)

Harus dilakukan: Selalu hargai kapasitas beban maksimum scaffolding. Struktur scaffolding membutuhkan kapasitas cukup kuat untuk menangani jumlah beban maksimum. Ini hanya akan mengizinkan batas atas tenaga kerja dan bahan pada scafolding dan tidak lebih. Inilah salah satu cara terbaik untuk menghindari kecelakaan.

Harus dihindari: Memberikan beban lebih dari maksimum pada scaffolding. Cukup sering, perbedaan antara keamanan dan kecelakaan hanyalah sekitar beberapa kilogram ekstra, yang mungkin tidak Anda pertimbangkan.

4. Perlindungan atas bahaya terjatuh (fall safeguard)

Harus dilakukan:

Saat Anda berada di scaffolding, Anda harus memakai alat pengikat tubuh atau sistem perlindungan yang lengkap (safety). Ini dimaksudkan untuk membuat Anda aman dari tergelincir dan terjatuh. Jadi gunakan itu. Meskipun Anda mungkin ahli dalam menavigasi jalan Anda melintasi matriks scaffolding, masih ada probabilitas bagi Anda untuk melewatkan sebuah bar, kehilangan satu langkah atau ketidakseimbangan. Semua ini bisa menyebabkan Anda jatuh. Dengan demikian, tetap gunakan perlindungan dan selalu bergerak hati-hati dan perlahan. Lebih baik aman daripada menyesal nanti.

Harus dihindari:

Jangan pernah berasumsi hanya naik satu lantai dan Anda tidak akan memerlukan sistem perlindungan (safety). Tanpa mengenakan perlindungan jatuh yang tepat (safety), jangan pernah bekerja pada scaffolding.

5. Perlindungan untuk kepala dan kaki

Harus dilakukan: Bekerja pada scaffolding berarti bahwa di suatu tempat seseorang bisa menjatuhkan sesuatu dari lantai yang lebih tinggi. Jadi selalu, kenakan topi keras yang tepat (safety hat) setiap saat. Topi itu hanya boleh dilepas saat berada di luar site, di kantor atau mobil.

Untuk melindungi kaki Anda, gunakan sepatu yang disetujui oleh site saja. Sepatu buatan khusus biasanya dilengkapi dengan sol non-slip yang akan membuat Anda tetap aman saat mengerjakan scaffolding dan akan melindungi Anda dari tergelincir pada semua jenis permukaan basah.

Harus dihindari: Jangan buru-buru naik scaffolding untuk mengambil sesuatu yang Anda lupa. Anda tidak akan tahu kapan sesuatu bisa jatuh dari atas, atau Anda bisa tergelincir di atas permukaan yang basah. Tentu, tidak layak mengambil risiko yang seperti itu.